BERAKHIRNYA WORKSHOP SSP PPG SM-3T III PPKn UNY

Salam Maju Bersama, kali ini admin dari CivicEdu akan berbagi cerita dibalik kegiatan Workshop SSP PPG SM-3T angkatan III UNY, khususnya dari Jurusan PPKn.

Workshop SSP (Subject-Specific Pedagogy) merupakan suatu kegiatan pengembangan perangkat pembelajaran dalam PPG yang berbentuk lokakarya. Kegiatan tersebut bertujuan untuk menyiapkan peserta agar mampu mengembangkan perangkat pembelajaran yang menididik, sehingga peserta dinyatakan siap untuk melaksanakan tugas praktek pengalaman lapanagan.

Workshop SSP berlangsung sejak bulan Maret hingga Juli, lima hari dalam seminggu yakni dari hari Senin sampai Jumat. Adapun kegiatan Workshop SSP meliputi: pembuatan RPP, bahan ajar, media pembelajaran, instrumen penilaian, presentasi produk SSP, serta latihan peerteaching (didampingi guru pamong dan dosen) dan penilaian peerteaching (dinilai oleh guru pamong dan dosen) yang dalam 5 bulan sudah melakukan 24 kali peerteaching. Produk SSP yang dibuat bervariasi disusuaikan dengan jurusannya masing-masing. Ada yang hanya membuat produk untuk SD, SMP, dan SMA. Tapi untuk jurusan saya yaitu PPKn, produk yang dibuat meliputi produk SMP dan SMA (RPP K13).

Tidak terasa bulan ini adalah bulan terakhir bergulat dengan Workshop SSP dan tepat pada tanggal 10 Juli 2015 Workshop SSP telah berakhir yang menghasilkan produk perangkat pembelajaran meliputi: RPP, bahan ajar, media pembelajaran, dan instrumen penilaian (berdaskan kurikulum 2013). Diakhir pertemuan kami juga harus membuat dan mempresentasikan proposal Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dimana sebagai salah satu persyaratan untuk menyandang gelar guru profesional (S.Pd. Gr.) dan akan dipraktekan pada saat PPL nanti.

Banyak sekali cerita dan dinamika dibalik rutinitas Workshop SSP yang berlangsung dalam setiap minggunya. Mulai dari semangat yang menggebu di bulan pertama berlangsungnya Workshop SSP hingga sempat juga berada di titik kulminasi kejenuhan yang dialami oleh setiap peserta PPG SM-3T. Namun semua itu merupakan bagian dari pendewasaan dan pembelajaran selama kegiatan Workshop SSP berlangsung. Namun menjelang minggu-minggu terakhir akan berakhirnya kegiatan workshop, seketika kurva semangat para peserta melonjak naik tak terbatas hatipun senang tak terkira.

Ada rasa senang ketika kami telah menyelesaikan satu tahapan kegiatan (Workshop SSP) dari Program Pendidikan Profesi Guru Pasca SM-3T ini. Namun disisi lain tidak sedikit para peserta yang merasakan sedih karena kegiatan Workshop SSP telah berakhir. Dengan berakhirnya kegiatan Workshop itu artinya kita sudah tidak akan bertemu dan berkumpul lagi di dalam ruang kelas. Selain itu kitapun sudah tidak akan berjumpa lagi dengan para pendidik profesional yakni para dosen pembimbing yang senantiasa selalu mendampingi kita selama berjalannya kegiatan Workshop SSP.

Terimakasih banyak atas segala bimbingan, arahan, masukan, dan didikan yang telah Ibu/Bapak dosen dan guru pamong berikan kepada kami para peserta PPG SM-3T. Ilmu yang telah Ibu/Bapak dosen dan guru berikan sangat bermanfaat bagi kami para calon guru profesional (amin).

Berikut galeri foto kebersamaan antara dosen pembimbing dan dosen pamong serta peserta PPG Pasca SM-3T angkatan III Jurusan PPKn LPTK UNY:
Kostum Kelas CivicEdu
Suasana Ruang Kelas PPG SM-3T PPKn LPTK UNY 2015

Peserta PPG SM-3T PPKn LPTK UNY 2015
Bersama Dosen Pendamping (Pak Samsuri) dan guru pamong setelah peerteaching
Bersama Dosen Pembimbing (Ibu Eny &Pak Anang); ketika akan ke perpus kampus pusat
Bersama Dosen Pendamping (Pak Yato); saat di UNY kampus pusat
Bersama Dosen Pendamping (Ibu Tiwi) dan guru pamong saat setelah peerteaching
Bersama Dosen Pendamping (Ibu Puji &Pak Halili) setelah workshop pertemuan terakhir
Bersama Dosen Pendamping (Ibu Iffah/Koordinator PPG PPKn dan Pak Murdiono)
Bersama Dosen Pendamping (Ibu Puji) saat Bang Asrin Ulang Tahun

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "BERAKHIRNYA WORKSHOP SSP PPG SM-3T III PPKn UNY"

Post a Comment

Terimakasih telah mengunjungi blog saya, semoga bermanfaat.