MEDIA KREATIF KREASI PESERTA PPG SM-3T PRODI PPKN

Media pembelajaran merupakan salah satu produk dari kegiatan workshop SSP (Subject-Specific Pedagogy). Adapun kegiatan worskhop SSPnya meliputi pembuatan RPP, Bahan Ajar, Media, Instrumen evaluasi, Presentasi keseluruhan produk worskhop SSP, PeerTeaching 1 (latihan), dan PeerTeaching 2 (penilaian).
Media PPG SM-3T
Media Pembelajaran PPKn hasil karya peserta PPG SM-3T III Prodi PPKn LPTK UNY
Produk workshop SSP yang dibuat disesuaikan dengan jurusannya masing-masing. Kebetulan saya dari Jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Produk workshop SSP yang dihasilkan oleh kelas kami berupa perangkat pembelajaran (RPP, Bahan Ajar, Media, dan Instrumen Evaluasi) dari jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA).

Hingga saat ini kami sudah melewati putaran minggu ke 8 dan sudah menghasilkan perangkat pembelajaran untuk SMP dan SMA (Kelas X Semester 2). Tinggal 4 kali putaran lagi pertemuan workshop SSP selesai dan produk berupa perangkat pembelajaran mapel PPKn jenjang SMP dan SMApun sudah siap dibukukan untuk digunakan pada saat PPL di bulan September 2015 nanti.

Di dalam pembuatan produk SSP tersebut tidak selamanya lancar, seringkali kami mengalami berbagai macam kendala, terutama dalam hal pembuatan media pembelajaran. Media yang sering digunakan untuk saat ini yaitu media yang berbasis multimedia. Namun dalam kegiatan pembelajaran tentunya kita harus mempertimbangkan dan memperhatikan hal hal terburuk yang kemungkinan akan terjadi saat kegiatan pembelajaran berlangsung. Misalkan saja pada saat pembelajaran dengan menggunakan power point yang memanfaatkan aliran listrik untuk menyalakan alat elektronik yang digunakan tiba-tiba padam. Lalu apa yang bisa kita lakukan?

Tentunya kita sebagai para calon guru profesional yang nantinya akan diterjunkan ke sekolah-sekolah harus bisa mengatasi hal tersebut di atas. Caranya dengan memanfaatkan media hasil kreativitas guru maupun siswa yang kemudian dapat digunakan sebagai media pembelajaran pengganti media multimedia tersebut. Berikut beberapa contoh media yang telah dihasilkan oleh peserta PPG Pasca SM-3T III Prodi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan LPTK UNY.
Media Kreatif Peserta PPG SM-3T PPKn
Media Pembelajaran PPKn Kreasi Peserta PPG SM-3T III Prodi PPKn UNY
Menjadi seorang guru itu tidak hanya harus pintar tetapi juga haruslah kreatif dan inovatif terutama dalam hal memanfaatkan dan membuat media dalam pembelajaran. Demikian postingan kali ini terkait dengan media pembelajaran PPKn hasil karya kami selama workshop SSP semester pertama. Semoga dapat bermanfaat.







Sekian dan terimakasih, Salam Maju Bersama!

Postingan terkait:

4 Tanggapan untuk "MEDIA KREATIF KREASI PESERTA PPG SM-3T PRODI PPKN"

  1. keren (y) benar-benar kreatif, semoga semangat itu tetap terjaga saat kita semua sudah menjadi guru. tidak hanya saat kuliah workshop SSP aja. amin

    ReplyDelete
  2. Trimakasih mas Sugi...media kreasi yang mas sugi buatpun jauh lebih kreatif dan inovatif........

    ReplyDelete

Terimakasih telah mengunjungi blog saya, semoga bermanfaat.