PELUANG BAGI ALUMNI PPG PASCA SM-3T MENJADI PNS

Salam Maju Bersama, kali ini civicedu akan berbagi informasi hangat sekaligus kabar gembira bagi alumni SM-3T terkait akan dibukanya kembali Rekruitmen CPNS jalur khusus untuk tenaga kependidikan pada pertengahan tahun 2015. Ini merupakan peluang bagi alumni SM-3T untuk menjadi PNS. Informasi terkait saya dapatkan dari berbagai sumber media seperti: jpnn.com, liputan6.com, cpnskementerian.info, dan lainnya. Bagaimana berita selengkapnya, mari kita simak beritanya di bawah ini.

Ini kabar baik bagi para lulusan program Sarjana Mengajar di Daerah Terdepan, Terluar, dan Tertinggal (SM-3T). Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi memastikan jalur khusus seleksi CPNS bagi mereka masih tersedia.



Supriadi sebagai Direktur Pendidik dan Tenaga Kependidikan Kemenristek Dikti menyatakan bahwa, akan ada penambahan kuota untuk jalur khusus tersebut. Dengan catatan, seluruh lulusan SM-3T yang diangkat menjadi PNS tahun ini dapat bekerja maksimal di daerah penempatan.

Selain itu, animo para lulusan SM-3T untuk turut berkontribusi tahun depan cukup besar. Untuk diketahui, kuota khusus penerimaan CPNS untuk alumni SM-3T baru diadakan Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN-RB) tahun lalu (2014). Tahun lalu ada 1.000 kuota yang diberikan khusus untuk lulusan SM-3T.

Pada jalur khusus tersebut, tidak ada perbedaan antara tes yang diberikan dan tes CPNS jalur umum. Materi yang diujikan relatif sama.

Hanya keistimewaannya, pesaing dalam tes tidak terlalu banyak. Para alumnus SM-3T hanya akan bersaing dengan sesama alumnus yang mencapai 11 ribu orang. Sementara itu, pada tes CPNS jalur umum, persaingan akan lebih ketat karena dilakukan bersama ratusan ribu pelamar lainnya.

Rekrutmen tahun lalu pun berjalan sukses. Buktinya dari catatan seleksi CPNS tahun lalu, 1.395 alumnus SM3T ikut mendaftar tes jalur khusus tersebut. Hasilnya, 1.224 orang dinyatakan lulus.

Meski, akhirnya hanya 809 orang yang berhasil terserap lantaran ketersediaan formasi di daerah yang tidak sesuai dengan minat para pendaftar. Jadi, banyak juga yang harus gugur.

Dari peserta yang terserap, 60 persen merupakan lulusan pendidikan guru sekolah dasar (PGSD). Mereka mulai aktif mengajar pada 1 April 2015 di wilayah Papua, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, serta Aceh. "Seluruh SK dan NIP sudah siap dan mereka siap diberangkatkan di daerah 3T sebagai PNS".

Mungkin hanya itu saja informasi yang berhasil saya rangkum dan bagikan kepada rekan-tekan khususnya alumnus SM-3T dari angkatann I, II, dan III. Semoga kita semua diberikan kemudahan dan ada perhatian khusus dari pemerintah. Harapannya semoga kita semua segera menyusul teman-teman kita yang sudah diangkat menjadi CPNS. Amin...................

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "PELUANG BAGI ALUMNI PPG PASCA SM-3T MENJADI PNS"

Post a Comment

Terimakasih telah mengunjungi blog saya, semoga bermanfaat.