Portal Pendaftaran Guru SM-3T Angkatan VI Telah Dibuka

Salam Maju Bersama Mencerdaskan Indonesia, yang telah ditunggu-tunggu akhirnya datang juga. Perekrutan Guru SM-3T kembali dibuka! Tahun ini program SM-3T membuka perekrutan untuk angkatan VI.

Program SM-3T sebagai salah satu Program Maju Bersama Mencerdaskan Indonesia ditujukan kepada para Sarjana Pendidik yang belum bertugas sebagai guru, baik sebagai pegawai negeri sipil (PNS) maupun guru tetap yayasan (GTY), untuk ditugaskan selama satu tahun di daerah 3T. Program SM-3T dimaksudkan untuk membantu mengatasi kekurangan guru, sekaligus mempersiapkan calon guru profesional yang tangguh, mandiri, dan memiliki sikap peduli terhadap sesama, memiliki jiwa untuk mencerdaskan anak bangsa, agar dapat maju bersama mencapai cita-cita luhur seperti yang diamanahkan oleh para pendiri bangsa Indonesia. Program SM-3T merupakan Program Pengabdian Sarjana Pendidikan untuk berpartisipasi dalam percepatan pembangunan pendidikan di daearah 3T, sebagai penyiapan pendidikan profesional yang akan dilanjutkan dengan Program Pendidikan Profesi Guru (PPG). Peserta program SM-3T adalah lulusan S-1 Kependidikan yang sesuai (linear) dengan program Profesi Guru (PPG) yang akan ditempuh.

Sasaran bagi yang ingin mengikuti Program SM-3T adalah para Sarjana lulusan program studi S-1 Kependidikan tiga tahun terakhir (2014, 2015, 2016) dari program studi yang terakreditasi dan sesuai dengan mata pelajaran dan/atau bidang keahlian yang dibutuhkan.

Program SM-3T sudah berjalan selama 6 tahun ini dan sudah mencetak 4 alumni SM-3T serta 3 alumni PPG Pasca SM-3T, mulai dari tahun 2011 hingga sekarang tahun 2016. Kuota yang disediakan oleh pemerintah untuk Peserta Program SM-3T setiap tahunnya selalu mengalami peningkatan. Pada tahun 2011 disediakan 2500 kuota, di tahun 2012 disediakan 2600 kuota, di tahun 2013 hingga 2015 disediakan 3000 kuota. Sesdangkan pada tahun 2016 kuotanya masih belum ditentukan.

Adapun untuk persyaratan bagi calon peserta SM-3T Tahun 2016, sebagai berikut:
  1. Warga Negara Indonesia, dibuktikan dengan identitas diri berupa KTP yang masih berlaku;
  2. Lulusan program studi kependidikan S-1 (bukan transfer) tiga tahun terakhir (2014, 2015, 2016) dari program studi terakreditasi yang sesuai dengan mata pelajaran dan/atau bidang keahlian yang dibutuhkan, dibuktikan dengan fotokopi ijazah yang telah disahkan (legalisasi). Peserta harus tercatat di Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDIKTI) Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.
  3. Berusia maksimum 27 tahun per 31 Desember 2016;
  4. IPK minimal 3,00 yang dibuktikan dengan fotokopi transkrip nilai yang telah disahkan (legalisasi);
  5. Berbadan sehat yang dibuktikan dengan surat keterangan dokter;
  6. Bebas dari narkotika, psikotropika, dan zat adiktif (napza) yang dibuktikan dengan Surat Keterangan Bebas Narkoba (SKBN) dari pejabat yang berwenang;
  7. Berkelakuan baik yang dibuktikan dengan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) yang dikeluarkan oleh Polres/Polresta; dan
  8. Belum menikah dan bersedia tidak menikah selama mengikuti Program SM-3T dan PPG, yang dibuktikan dengan surat pernyataan bermaterai 6000 rupiah
  9. Belum pernah mengikuti program SM-3T pada tahun sebelumnya dan sanggup mengikuti program PPG yang dibuktikan dengan surat pernyataan bermeterai.
Bukti persyaratan nomor 1) s.d. nomor 9) dibawa pada saat tes wawancara. Khusus lulusan tahun 2016 yang belum memiliki ijazah dapat menggunakan Surat Keterangan Lulus (SKL) yang ditandatangani dan/atau diketahui Pembantu/Wakil Rektor Bidang Akademik, sedangkan ijazah asli wajib ditunjukkan pada saat wawancara.

Berikut adalah link/portal pendaftaran SM-3T tahun 2016: http://seleksi.dikti.go.id/

Perhatian! Bilamana saat mengklik pendaftaran SM-3T kemudian muncul "ADA PER,MASALAHAN DI SISTEM" itu berarti sistem sedang down, karena portalnya terlalu banyak yang buka. Tunggu beberapa jam kemudian cek kembali.

Baca juga:
Seleksi SM-3T
Seputar SM-3T

Demikian informasi awal terkait Portal Pendaftaran Guru SM-3T Angkatan VI Telah Dibuka! Semoga bermanfaat.



Postingan terkait:

3 Tanggapan untuk "Portal Pendaftaran Guru SM-3T Angkatan VI Telah Dibuka"

  1. apakah lulusan UNIVERSITAS TERBUKA tidak bisa ikut program sm3t ini ?

    ReplyDelete
  2. bang mau tanya,knapa ya sy punya ko' tdk bisa terdaftar padahal sdh msukan data (NIM & tanggal lahir sesuai ijazah) yg benar malah muncul kata "Tidak ada catatan data yang sesuai untuk: NIM A31109032 PT 001028 TGL LAHIR 1991-08-22. Data ini tidak tercatat di Pangkalan Data Pendidikan Tinggi Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi sebagai mahasiswa jenjang sarjana. Periksa kembali NIM dan tanggal lahir Saudara pada isian di atas. Jika isian sudah benar namun data tetap tidak muncul, maka laporkan kepada perguruan tinggi tempat ijazah saudara dikeluarkan.".... data sy cek di PDDIKTI ada... mohon kejelasan.y..mkasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dicoba dl saja mas... Ada 2 hal yg mnyebabkan sprti itu... Bisa krna nama mas blm kedata di sistem dikti atw sistem portal pndftran sdng eror

      Delete

Terimakasih telah mengunjungi blog saya, semoga bermanfaat.