REKRUTMEN DAN CARA MENDAFTAR PROGRAM SM-3T

Salam Maju Bersama Mencerdaskan Indonesia, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi kabar gembira kepada rekan-rekan semua khususnya bagi lulusan LPTK. Lima tahun sudah program SM-3T berlangsung dan sudah berhasil mencetak 2 alumni PPG SM-3T menjadi guru profesional dari ke lima generasi calon guru profesional baik yang masih di pengabdian, sedang menunggu PPG, maupun yang sudah hampir selesai PPG. Pada tahun 2016 informasi terkait dengan pembukaan calon peserta SM-3T belum ada kepastian akan dilanjutkan atau difokuskan dulu ke GGD, untuk itu bagi yang ingin mengikuti program SM-3T jilid VI tunggu info resminya dulu dari KEMENRISTEKDIKTI. 

Program SM-3T sebagai salah satu Program Maju Bersama Mencerdaskan Indonesia ditujukan kepada para Sarjana Pendidik yang belum bertugas sebagai guru, baik sebagai pegawai negeri sipil (PNS) maupun guru tetap yayasan (GTY), untuk ditugaskan selama satu tahun di daerah 3T. Program SM-3T dimaksudkan untuk membantu mengatasi kekurangan guru, sekaligus mempersiapkan calon guru profesional yang tangguh, mandiri, dan memiliki sikap peduli terhadap sesama, memiliki jiwa untuk mencerdaskan anak bangsa, agar dapat maju bersama mencapai cita-cita luhur seperti yang diamanahkan oleh para pendiri bangsa Indonesia. Program SM-3T merupakan Program Pengabdian Sarjana Pendidikan untuk berpartisipasi dalam percepatan pembangunan pendidikan di daearah 3T, sebagai penyiapan pendidikan profesional yang akan dilanjutkan dengan Program Pendidikan Profesi Guru (PPG). Peserta program SM-3T adalah lulusan S-1 Kependidikan yang sesuai (linear) dengan program Profesi Guru (PPG) yang akan ditempuh.

Sasaran bagi yang ingin mengikuti Program SM-3T adalah para Sarjana lulusan program studi S-1 Kependidikan tiga tahun terakhir (2013, 2014, 2015) dari program studi yang terakreditasi dan sesuai dengan mata pelajaran dan/atau bidang keahlian yang dibutuhkan.

Program SM-3T sudah berjalan selama 5 tahun dan sudah mencetak 4 alumni SM-3T serta 2 alumni PPG Pasca SM-3T, mulai dari tahun 2011 hingga sekarang tahun 2015. Kuota yang disediakan oleh pemerintah untuk Peserta Program SM-3T setiap tahunnya selalu mengalami peningkatan. Pada tahun 2011 disediakan 2500 kuota, di tahun 2012 disediakan 2600 kuota, di tahun 2013 hingga 2015 disediakan 3000 kuota.

Rekrutmen Program SM-3T 2015


Adapun untuk persyaratan peserta SM-3T 2015, sebagai berikut:
  1. Warga Negara Indonesia, dibuktikan dengan identitas diri berupa KTP yang masih berlaku;
  2. Lulusan program studi kependidikan S-1 (bukan transfer) tiga tahun terakhir (2013, 2014, 2015) dari program studi terakreditasi yang sesuai dengan mata pelajaran dan/atau bidang keahlian yang dibutuhkan, dibuktikan dengan fotokopi ijazah yang telah disahkan (legalisasi). Peserta harus tercatat di Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDIKTI) Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.
  3. Berusia maksimum 27 tahun per 31 Desember 2015;
  4. IPK minimal 3,00 yang dibuktikan dengan fotokopi transkrip nilai yang telah disahkan (legalisasi);
  5. Berbadan sehat yang dibuktikan dengan surat keterangan dokter;
  6. Bebas dari narkotika, psikotropika, dan zat adiktif (napza) yang dibuktikan dengan Surat Keterangan Bebas Narkoba (SKBN) dari pejabat yang berwenang;
  7. Berkelakuan baik yang dibuktikan dengan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) yang dikeluarkan oleh Polres/Polresta; dan
  8. Belum menikah dan bersedia tidak menikah selama mengikuti Program SM-3T dan PPG, yang dibuktikan dengan surat pernyataan bermaterai 6000 rupiah
  9. Belum pernah mengikuti program SM-3T pada tahun sebelumnya dan sanggup mengikuti program PPG yang dibuktikan dengan surat pernyataan bermeterai.
Bukti persyaratan nomor 1) s.d. nomor 9) dibawa pada saat tes wawancara. Khusus lulusan tahun 2015 yang belum memiliki ijazah dapat menggunakan Surat Keterangan Lulus (SKL) yang ditandatangani dan/atau diketahui Pembantu/Wakil Rektor Bidang Akademik, sedangkan ijazah asli wajib ditunjukkan pada saat wawancara.
 
LPTK Penyelenggara Program SM-3T
  • Universitas Negeri Medan (UNIMED)
  • Universitas Negeri Padang (UNP)
  • Universitas Negeri Jakarta (UNJ)
  • Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)
  • Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)
  • Universitea Negeri Semarang (UNNES)
  • Universitas Negeri Surabaya (UNESA)
  • Universitas Negeri Malang (UNM)
  • Universitas Pendidikan Ganesha (UNDIKSHA)
  • Universitas Negeri Makasar (UNM)
  • Universitas Negeri Manado (UNIMA)
  • Universitas Negeri Gorontalo (UNG)
  • FKIP Universitas Syiah Kuala (UNSYIAH)
  • FKIP Universitas Riau (UNRI)
  • FKIP Universitas Nusa Cendana (UNDANA)
  • FKIP Universitas Mulawarman (UNMUL)
  • FKIP Universitas Tanjungpura (UNTAN)
Jumlah kuota yang disediakan LPTK untuk peserta SM-3T berfariasi mulai dari 100 – 200 kuota.
Daftar Studi yang Dibutuhkan, meliputi 18 Bidang Studi antara lain:
  1. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
  2. Pendidikan Sejarah
  3. Pendidikan Ekonomi
  4. Pendidikan Geografi
  5. Pendidikan IPS
  6. Pendidikan Sosiologi dan Antropologi
  7. Pendidikan Bahasa Indonesia
  8. Pendidikan Bahasa Inggris
  9. Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi
  10. Pendidikan Biologi
  11. Pendidikan Matematika
  12. Pendidikan Fisika
  13. Pendidikan Kimia
  14. Pendidikan IPA
  15. Pendidikan Teknik Bangunan
  16. Pendidikan Teknik Mesin
  17. Pendidikan Teknik Otomotif
  18. Pendidikan Teknik Elektro/Ketenagalistrikan
  19. Pendidikan Teknik Elektronika
  20. Pendidikan Kesejahteraan Keluarga Tata Boga
  21. Pendidikan Kesejahteraan Keluarga Tata Busana
  22. Pendidikan Kesejahteraan Keluarga Tata Rias
  23. Pendidikan Luar Biasa
  24. Pendidikan Guru Sekolah Dasar
  25. Pendidikan Guru Anak Usia Dini
  26. Bimbingan dan Konseling
  27. Pendidikan Seni Budaya (Drama, Tari, Musik)
  28. Pendidikan Seni Rupa 
  1. Buka web resmi pendaftaran program SM-3T di ( Seleksi Dikti )
  2. Klik Pendaftaran SM-3T, disitu muncul jadwal pendaftaran dan persyaratan (baca dengan cermat)
  3. Jika ingin mengetahui kisi-kisi soal di situ juga sudah disediakan di halaman download
  4. Masih di halaman yang sama klik pendaftaran online, kemudian muncul halaman daftar perguruan tinggi
  5. Pilih salah satu wilayah perguruan tinggi tempat anda telah lulus Sarjana Pendidikan, misalkan klik no. 1 (perguruan tinggi negeri) maka akan muncul daftar beberapa perguruan negeri dibawah naungan DIKTI yang dijadiakn sebagai tempat pendaftaran program SM-3T
  6. Pilih salah satu perguruan negeri dimana anda telah lulus Sarjana Pendidikan, misalkan klik no. 34 (Universitas Negeri Yogyakarta), setelah itu masih di halaman yang sama pada baris bawah sebelah kiri akan muncul Daftar Program Studi (001038)
  7. Masih di halaman yang sama, kemudian pilih salah satu prodi yang sesuai dengan prodi S1 anda, misal klik no. 39 (Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan S1)
  8. Masih di halaman yang sama akan muncul form pendaftaran disebelah kanan
  9. Isi form pendaftaran sesuai apa yang dibutuhkan, kemudian klik lanjut
  10. Setelah itu anda akan mendapatkan password, jangan lupa simpan atau catat passwordnya
  11. Kembali ke halaman awal, klik login yang ada di sudut atas sebelah kanan
  12. Isikan username dan password yang sudah anda miliki
  13. Isi formulir yang disediakan secara online (nama, upload foto, upload scan ijazah, dll)
  14. Setelah lengkap coba cek ulang kemudian klik validasi setelah anda yakin bahwa data yang sudah anda isi dan upload sudah benar
  15. Print biodata pendaftaran anda
  16. Selesai.
Anda tingal menunggu hasil pengumuman seleksi administrasi sesuai dengan waktu yang sudah ditentukan. Saran untuk semua calon peserta jangan terburu-buru mendaftar online, karena waktu pendaftaran masih dibuka sampai bulan Juni. Lebih baik lengkapi dulu persyratan yang belum dimiliki sperti Ijazah bukan SKL ya walaupun bagi yang belum wisuda diperbolehkan meggunakan SKL. Tapi bagi yang misalkan wisudanya bulan Mei sampai awal Juni lebih baik menunggu ijazah keluar dulu supaya yang nanti diupload itu ijazah bukan SKL. Cepat atau lambatnya anda mendaftar itu tidak berpengaruh terhadap lolos/tidaknya dalam pendaftaran online selagi masih dibukanya pendaftaran.  Terkecuali anda mendaftar diluar atau ketika pendaftaran sudah ditutup. Karena faktor utama yang dilihat dari tahap seleksi administrasi adalah kelengkapan dan kesesuaian data yang  diisi dan diupload.

Demikian informasi awal terkait Rekrutmen dan Cara Mendaftar Program SM-3T, untuk selanjutnya terserah reken-rekan dalam menentukan sebuah pilihan. 



Postingan terkait:

115 Tanggapan untuk "REKRUTMEN DAN CARA MENDAFTAR PROGRAM SM-3T"

  1. Infonya sangat membantu... makasih ya...

    ReplyDelete
  2. Asalamualaikum. Mohon bantuannya. Saya pengen banget ikut sm3t. Namun saya terkendala. Pada tahap II pendaftaran online setelah saya masukkan nim dan tgl lahir. Nim saya belum terdaftar di pddikti. Ada kata data tidak tercatat dipddikti. Namun kalau dicek diforlap.dikti. Data saya ada. Nim dan tanggal lahir dah benar. Mohon pencerahannya agar saya bisa ikut daftar sm3t.

    ReplyDelete
  3. Hal tersebut mmng sering terjadi dikarenakan oleh beberapa hal, bisa karena dr pihak lptk yg blm mengupdate data ke forlap atw memang ada kekliruan. Solusinya coba mas edi cari teman2x ygakan mendaftar SM-3T dari satu kampusnya, terlebih yg satu jurusan, kemudian tanyakann apakah mereka mengalami hal yg sama?selanjutnya konfirmasi dengan pihak lptk asal, tanyakan di jurusan atau dibagian kependidikan kampus.

    ReplyDelete
  4. bang, ijazah yang di upload itu IJAZAH+AKTA IV atau cukup ijazahnya saja?

    ReplyDelete
  5. Tidak diperuntukan lulusan Universitas Terbuka ya?

    ReplyDelete
  6. Apakah akreditas prodi C berpengaruh terhadap seleksi administrasi?

    ReplyDelete
  7. Yups...tp tidak ad slahnya jika mndftar dl....

    ReplyDelete
  8. Mas, masih punya file surat keterangan belum pernah mengikuti program sm3t & surat pernyataan belum menikah ga? hehe :D

    ReplyDelete
  9. Replies
    1. Mas,bisa minta file surat2 pnyataannya:-D
      Trimakasih

      Delete
  10. Surat surat it nanti bisa di download di pengumuman di we lptk msng2x mbk

    ReplyDelete
  11. mas..saya wisuda tahun 2013..apa masih bisa mengikuti sm3t tahun 2016?..apa tidak ada batas berapa tahun lulus untuk mengikuti sm3t? terima kasih sebelumnya..

    ReplyDelete
  12. Tidak bisa,,,karena 3 tahun terakhir

    ReplyDelete
  13. Tahun 2016 msh dibuka gk penerimaan sm3t?mohon donk dipastikan

    ReplyDelete
  14. Tahun 2016 msh dibuka gk penerimaan sm3t?mohon donk dipastikan

    ReplyDelete
  15. yg memastikan dan bisa memastikan bukan saya mbak...tunggu saja......

    ReplyDelete
  16. untuk yang lulusan Universitas Islam Negeri SUMUT bisa daftar gk ya kak? soalnya gk ada tertera. trimakasih

    ReplyDelete
  17. uin sepertinya tidak bisa,,,karena beda naungan,,,kl uin dipegang oleh depag,,,bukan dikti

    ReplyDelete
  18. Mas mau tanya kalo kuliahnya di perguruan tinggi suwasta bsa daftar g ya tpi universitasnya dinaungi dikti gmna tuh?

    ReplyDelete
  19. Berarti yg lulusan IAIN juga g bsa daftar dong ?

    ReplyDelete
  20. yang dr swasta jg bs ikut,,,yg penting dr kependidikan bukan yang ilmu murni...nanti bs daftar melalui LPTK penyelenggara...bysanya di setiap provinsi ada 1 LPTK penyelenggara.Kl dari IAIN/UIN gak bisa....beda naungan,,,,UIN bukan naungan dikti tp kemenag....sdangkan program ini adalah programnya dikti.

    ReplyDelete
  21. akmalul widad
    bg. sy kuliah di bidang perguruan pendidikan agama. bs gak untuk mendaftar di sm3t?

    ReplyDelete
  22. Maaf mas saya mau tanya.....
    Apa yang bisa mendaftar SM3T ini hanya perguruan tinggi yang masuk ke dalam daftar LPTK saja yaa?
    Terimakasih sebelumnya...

    ReplyDelete
  23. Unknow: sudah saya jelaskan di komentar yg atas..silahkan di cek....


    Santi: LPTK yg terdaftar itu LPTK penyelenggara.....semua yg dari alumni PTN boleh ikut dngn melakukan pendaftaran di salah satu PTN yg tertera itu......yg penting alumni pendidikan dan bukan dari naungan DEPAG

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas untuk yang gagal d sleksi thun ini, msih bs ikt d tahun dpn kan? 2016

      Delete
  24. Bisa...tp kemungkinan thun 2016 sudah tdk ada...krna SM-3T it program 5 tahunan dr pemerintahan SBY........tp tunggu saja semoga bisa dilanjutkan......

    ReplyDelete
  25. SEMOGA DI LANJUTKAN SOALNYA MASIH BANYAK YANG IKUTAN SM-3T.....

    ReplyDelete
  26. masih banyayg ikutan ap masih banyak yg ingin ikutan..............

    ReplyDelete
  27. Berarti untuk progam studi Pendidikan Teknik Informatika tidak bisa ?

    ReplyDelete
  28. teknik informatika...........di daerah 3t looh.......tp tdk menutup kmungkinan ad jg...cb cek di postingnn saya sebelumnya disitu ada prodi ap saja yg bs mndftr SM-3T

    ReplyDelete
  29. maaf, saya mau tanya....
    saya kan berasal dari lulusan salah satu universitas di medan.
    namun saya udah pindah ke jakarta.
    apakah saya harus mendaftar dr kota tempat saya belajar atau bisa dr mana aja??
    sebelumnya terimakasih

    ReplyDelete
  30. Saya lulusan ppkn fkip unlam banjarmasin, apakah ada program sm3t di kalsel ?

    ReplyDelete
  31. ipk tidak memadai apakah masih bisa untuk berangkat padahal ingin sekali mengabdi di daerah terpencil thanks

    ReplyDelete
  32. Core-Core: mendaftar SM-3T gk harus dr LPTK asal,,,blh ke LPTK mana saja asalkan LPTK it membuka untuk pendaftaran SM-3T.

    Hasan Basri: Cb dilihat list LPTK penyelenggara diatas...klwpun tdk ada sodara bs dftar di LPTK terdekat.

    Alfiandika Rp: Jika salah satu syarat sdh tdk memadai sudah pasti it tdk bs. Sdh ada ketentuannya, dan it masuk ke dalam tahap seleksi administrasi. Semua jg punya niat dan keinginan yg sama......tp harus tw bgmn prosedurnya untuk bs masuk kesana. Tidak hanya lewat SM-3T kita bs mengabdi di daerah 3T. Masih banyak program lainnya cb baca postingan saya disini www.bismacet.com/search/label/Program%20Pengabdian%20selain%20SM-3T?max-results=5

    ReplyDelete
  33. Mau tanya kak,berarti masih belum pasti tahun 2016 Sm3t akan mengadakan penerimaan lagi.?

    ReplyDelete
  34. Masih dalam tahap perencanaan ada kabar masih ada tp kuota hanya 1000.....sabar ya,,,tunggu saja n pantau trs info updatenya nanti

    ReplyDelete
  35. info updatenya ada di website apa ya mas?

    ReplyDelete
  36. Di paragraf atas artikel ini sdh saya link kan almt asliny... Tp yg di websiteny mlh updateny pas saat dibuka pndftran sj... Kl info updatenya dr pra blogger SM-3Tny....

    ReplyDelete
  37. Mas, saya mau tanya sejak kapan mulai berlakunya syarat mengikuti sm3t harus tamatan 3 tahun terakhir, karena yg tahun 2012 saya lihat syaratnya tamatan 4 tahun terakhir. Apakah kedepannya harus tamatan 3 tahun terakhir jg mas?
    Terimakasih

    ReplyDelete
  38. Mulai dari angkatan ke 3... nanti kl blm yakin bs dicek di di persyaratan tyap LPTK dan tanya tanya ke angkatan 3, 4, n 5

    ReplyDelete
  39. Bagaimana yang berjurusan tarbiyah dan pendidikan bahasa arab?
    Apa tidak bisa ikut?

    ReplyDelete
  40. Bagaimana yang berjurusan tarbiyah dan pendidikan bahasa arab?
    Apa tidak bisa ikut?

    ReplyDelete
  41. Gk bisa,,,,,yg pendidikan agama nanti ke prgrammnya kemenag....kl yg dikti mapel umum

    ReplyDelete
  42. pak saya @ fb nya anda, nanti tolong di konfir soalnya nanti tanya2 tentang program ini. mksih

    ReplyDelete
  43. Cobtak cek di abaut...atw klik icon fb di blog ini

    ReplyDelete
  44. Kk yg sdah daftar sm3t trus tidak lulus,apa masih bisa coba daftar kembali ?

    ReplyDelete
  45. Kk yg sdah daftar sm3t trus tidak lulus,apa masih bisa coba daftar kembali ?

    ReplyDelete
  46. Maaf saya mau tnya, kalau lulusan slain 18 daftar studi itu boleh tidak ya? Saya lulusan ptn Jurusan bahasa jerman. Makasih atas responnya.

    ReplyDelete
  47. Maaf saya mau tnya, kalau lulusan slain 18 daftar studi itu boleh tidak ya? Saya lulusan ptn Jurusan bahasa jerman. Makasih atas responnya.

    ReplyDelete
  48. selain yg ada di daftar studi trsbut tidak bisa ikut mbak,,,,,,,,,tp kl untuk thun ini belum tahu...tunggu saja ya mbak,,,

    ReplyDelete
  49. Maaf, mas mau nanya syarat pendaftaran untuk sm3t bulan ini apa ya?
    Soalnya mau daftar juga, pengennn.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah mas,,,silahkan untuk info awal cek disini http://www.omahlowker.com/2016/06/pembukaan-rekrutmen-guru-sm-3t-tingkat-nasional-tahun-2016.html

      Delete
  50. Ada bang..
    Mau tanya cara mengisi password dengan ussername bagaimana ya..
    Atau saya beli dulu atau bagaimana...

    ReplyDelete
  51. Ass mas ...
    Mau tanya...
    Cara log in pertama tu kan masukan ussername sama pasword..
    Tapi saya coba td gak bisa..
    Apa ussername itu dibeli dulu atau pakai almat emailkita aja..

    ReplyDelete
  52. Ass mas ...
    Mau tanya...
    Cara log in pertama tu kan masukan ussername sama pasword..
    Tapi saya coba td gak bisa..
    Apa ussername itu dibeli dulu atau pakai almat emailkita aja..

    ReplyDelete
  53. Ada bang..
    Mau tanya cara mengisi password dengan ussername bagaimana ya..
    Atau saya beli dulu atau bagaimana...

    ReplyDelete
    Replies
    1. pendaftaran semuanya free...nanti ada arahannya setelah link pendaftarannya resmi dibuka.

      Delete
  54. maaf bg mau tanya, ketika saya mng klik pendaftaran online kok yg muncul format tahun 2015 yg sudah ditutup ya? saya tidak bisa mendaftar online jadinya. terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Postingan saya disini rekrutmen waktu tahun lalu mbak...cb di cek baik baik ya.

      Delete
  55. Mas... Kan infonya udah dibuka nih sm 3t nya, tp pas di klik linknya, masih yg tahun 2015,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kl infonya sdh ada... Tp untk link pndftrannya blm dibuka... Tunggu sj

      Delete
  56. mas mau tanya linknya untuk daftar sm3t tahun 2016 apa ya...?

    ReplyDelete
  57. untuk syarat no.8. surat pernyataan.y ad 2 atw cuman 1? mohon pencerahan

    ReplyDelete
  58. mau nana nih mas, kalo udah daftar dan udah dapat username dan paswordnya, langkah selanjutnya gmn mas?? mohon bantuannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baca n ikuti langkah yg sdh saya tuliskan di atas mas

      Delete
  59. assalamu'alaikum kak..
    mohon bantuannya...
    saya mau mendaftar sm3t tpi PTN saya tidak terdaftar di Daftar PTN yang disediakan?
    apakah saya masih bisa mendaftar sm3t?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo dari universitas terbuka knp nggak masuk yh mas??

      Delete
    2. Gk bs mbk.... Krna dr stardarisasinya mhn mf ut blm sesuai.

      Delete
  60. mas, maaf saya mau tanya, setelah saya klik uiversitas tempat saya lulus, ko tidak muncul daftar program studinya ya? padahal di layar sebelah kiri bawah udah ada "Daftar Program Studi (041017)", seperti itu. kenapa ya mas???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sistem lg eror... Nnfi bs diulangi lagi.. Yg pnting jngn dl divalidasi. Supaya datanya msh bs diedit.

      Delete
  61. bgaimana dg akreditasi c? apa sebaiknya tidak usah daftar?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu pilihan mbk... Tp knp tidak mencoba dl saja..kan siapa tahu.. Toh dftr ol gk ad ruginya kan..

      Delete
  62. bearti kalaiu yang dari Iain dan Jurusan umum seperti bahasa inggris ga bisa daftar ya mas? trus ga bakal bisa daftar buat jadi cpns dong krna beda naungan! mohon pencerahan..thanks

    ReplyDelete
  63. Pak, saya lulusan pend.mat universitas negeri padang (UNP), di list ptn asal ga ada unp. saya liat di web dikti UNP ternyata unp salah satu PTN penyelenggara program SM3T. Saya masih bisa daftar ga pak? caranya gimna ya pak?

    ReplyDelete
  64. Maaf pak numpang nanya. Saya sempat baca di web unes, ada pengecualian buat prodi PGSD dan paud minimal akreditasi c, apa itu benar? Apa msh berlaku atau di setiap universitas yg aturannya berbeda yah pak? Mohon pencerahannya.

    ReplyDelete
  65. Maaf pak numpang nanya. Saya sempat baca di web unes, ada pengecualian buat prodi PGSD dan paud minimal akreditasi c, apa itu benar? Apa msh berlaku atau di setiap universitas yg aturannya berbeda yah pak? Mohon pencerahannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ketentuan smcm it bysanya tergntung kbjkn lptk pnylnggra mbk.

      Delete
  66. ada cara mereset ulang , krn ada data yg belom lengkap tapi sudah di validasi<<<

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kl sdh divalidasi sdh tdk bs di reset... Butuh kehati hatian

      Delete
  67. Bang. Sya lulusan D2 Universitas cendrawasih. Tapi S-1 saya lanjutkan di Universitas Terbuka. Apakah saya bisa mendaftar program sm3t.?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan di cb dl... Tp kl s1 ny dd ut sprtinya sih gk bs...

      Delete
  68. mas,,waktu pengisian daftar program studi kok form nya g muncul ya, hanya seperti ini "Daftar Program Studi (071050)" sudah tak cobak berapa kali tetep sama..mohon sarannya mas

    ReplyDelete
  69. Sdh di finalisasi blm... Kl blm cb lg lain waktu... Kmngkinan server sdng eror... Tp kl ttp sprti it kykny tdk mslh.. Yg onting sdh ad kode prodiny

    ReplyDelete
    Replies
    1. finalisasi maksudnya pak..
      saya juga tidak bisa memilih program studinya pak

      Delete
    2. iya pak,,,
      persyaratan sudah siap tapi tidak bisa isi datanya, baru langkah satu belum selsai pak.

      Delete
    3. saya juga berhenti di pemilihan prodi, baru sampai tahap pemilihan ptn dan muncul Daftar Program Studi (001037). setelah itu tidak ada pilihan lain di halaman tersebut, mohon bantuannya

      Delete
  70. Validasi....tunggu dlm bbrp hr dl...

    ReplyDelete
  71. maaf pak, saya mau daftar setelah pilih universitas dan menunggu kode jurusansesui petunjuk pendaftarn tidak muncul jurusan dihalamna yang sama pak. mohon pencerahannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Server smntra lg eror.. Tnggu dl sehari/dua hari kdpn

      Delete
  72. Maaf sy mau tnya, ijazah dan transkp yg di upload harus yang d legalisir? Tidak blh scan ijzah dn transkip asli saja??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yg diupload it yh asli... Bkn yg dilegalisir mbk... Cb bc kmbli syratnya

      Delete
  73. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  74. saya sudah pilih perguruan tinggi, tetapi tidak muncul daftar program studinya yang ada cuman tulisan :daftar program studi (028xxx)
    mohon informasinya

    ReplyDelete
  75. Kak, setelah muncul daftar program studi (.....) kok pilihan program studinya ga muncul2 kenapa ya ?

    ReplyDelete
  76. Kak, setelah muncul daftar program studi (.....) kok pilihan program studinya ga muncul2 kenapa ya ?

    ReplyDelete
  77. Tes sm3t mencakup pelajaran apa saja ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan cek disini http://ppgsm3tcivicedu.blogspot.co.id/2015/04/3-tahapan-seleksi-program-sm-3t.html

      Delete
  78. kalo untuk lulusan fisika murni bisa gak ya gan?

    ReplyDelete
  79. Assalamualaikum. Mas saya mau tanya saya kuliah di Universitas Muhammadiyah Malang apakah bisa mengikuti SM3T yang diselenggarakan di Universitas Negeri Malang??

    ReplyDelete

Terimakasih telah mengunjungi blog saya, semoga bermanfaat.