Tangan Pengharapan: Recruitment Tenaga Pendidik untuk Daerah Pedalaman

Tangan Pengharapan lahir dari mimpi anak bangsa rindu untuk mengeluarkan masyarakat Indonesia dari keterpurukan dan kemiskinan serta kurang meratanya dan mahalnya pendidikan, dengan harapan dapat membangun dan mengubah masa depan generasi bangsa Indonesia menjadi lebih baik.

Menitikberatkan pada Pendidikan, Kesehatan, dan pembelaan terhadap Hak Asasi Manusia, khususnya untuk memperoleh akses kepada Pendidikan dan Kesehatan secara merata untuk membangun masyarakat yang sejahtera, adil dan makmur. Adapun program dari Tangan Pengharapan yaitu meliputi:

Projek Anak, yang terdiri dari:
1. Children Rescue Home
Banyaknya tindak kekerasan yang terjadi pada anak-anak menyebabkan Yayasan Tangan Pengharapan mendirikan tempat penampungan untuk anak-anak tersebut. Dalam program Children Rescue Home Yayasan Tangan Pengharapan selain menampung anak-anak tersebut juga menanggung kebutuhan mereka akan makanan dan pendidikan.

Makan Untuk Belajar

Makan untuk Belajar adalah program pemberian makanan bergizi secara rutin yang disertai pendidikan dan pemeriksaan kesehatan gratis bagi anak-anak yang membutuhkan di berbagai daerah pedalaman di Indonesia, di mana makanan menjadi pancingan bagi anak-anak untuk datang dan belajar. Tangan Pengharapan menyediakan berbagai sarana pendidikan mulai dari Sekolah PAUD, Pusat Bimbingan Belajar, Pelatihan Keterampilan dan semua sarana yang dibutuhkan seperti bangunan sekolah, seragam, tas, sepatu, alat tulis serta peralatan belajar mengajar.

Sekolah Keterampilan
Tangan Pengharapan menyediakan pendidikan keterampilan gratis bagi anak-anak dan masyarakat dalam bidang bahasa Inggris, komputer, membatik, menenuh, menjahit dan bertukang. Diharapkan keterampilan ini dapat menjadi bekal bagi mereka untuk membangun kehidupan yang lebih baik di masa yang akan datang.

2. Medical Project
Pengobatan dan operasi katarak gratis bagi anak-anak dan masyarakat tidak mampu, terutama yang tinggal di daerah-daerah pedalaman Indonesia. Program pengobatan ini dilakukan secara berkala untuk setiap anak di Center-center  YTP di seluruh Indonesia. Selain melakukan pengobatan, Tangan Pengharapan juga melakukan penyuluhan kesehatan serta operasi katarak untuk masyarakat di Timor Tengah Selatan – NTT. Kehidupan mereka yang sudah sulit makin terpuruk akibat kegelapan yang mereka rasakan selama bertahun-tahun. Dengan operasi katarak gratis ini, Tangan Penghapan membantu masyakarat yang buta akibat katarak agar penglihatan mereka pulih kembali dan hidup mereka jadi lebih berguna bagi keluarga dan masyarakat. Akses untuk mendapatkan mendapatkan pengobatan sulit didapat akibat kurangnya tenaga medis serta buruknya fasilitas. Mobile Clinic YTP menjangkau mereka yang sakit di desa-desa di pedalaman dan dapat menyelesaikan masalah kesehatan masyarakat dengan lebih cepat dan tanpa biaya.

3. Disaster Response
Karena Indonesia terletak di lempeng api tektonik dunia, maka Indonesia sangatlah rawan akan bencana alam seperti gempa dan gunung meletus. Tangan Pengharapan membantu korban bencana alam dalam bentuk sandang, pangan dan obat-obatan. Memberikan bantuan program jangka panjang seperti jala ikan, kain tenun, hewan ternak serta bibit tanaman. Dengan bantuan jangka panjang ini masyarakat dapat bertahan hidup dan membangun kembali hidup keluarganya setelah diporak-porandakan oleh bencana alam.

Saat ini Tangan Pengharapan memberikan kesempatan kepada para anak muda yang suka tantangan, ingin banyak mendapatkan pengalaman, dan mempunyai jiwa sosial tinggi untuk ikut bergabung bersama kami untuk menjadi tenaga pendidik di daerah pedalaman Indonesia dari Sumatra hingga Papua. 

Persyaratannya sebagai berikut:
1. Minimal pendidikan S1 (umum) dan PGSD
2. Bersedia mengajar di pedalaman
3. Menyukai dunia pendidikan

Fasilitas yang diberikan:
1. Tempat tinggal
2. Akomodasi
3. Gaji pokok 
4. Tunjangan lainnya (untuk makan dan transport)

Cara mendaftar:
Kirimkan CV ke alamat email: ytp.jakarta@gmail.com

CV yang sudah masuk akan segera dihubungi oleh pihak terkait dengan kontrak dan sistem kerja bersama Tangan Pengharapan.

Nb: tidak ada batas waktu pendaftaran, karena akan disesuaikan dengan kebutuhan.

Sumber: http://www.tanganpengharapan.org/


Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Tangan Pengharapan: Recruitment Tenaga Pendidik untuk Daerah Pedalaman"

Post a Comment

Terimakasih telah mengunjungi blog saya, semoga bermanfaat.