JEDA SATU SEMESTER PASCA SM-3T MENUNGGU PPG

Salam Maju Bersama, kali ini CivicEdu akan berbagi info terkait waktu jeda satu semester pasca SM-3T menunggu PPG. Tak terasa waktu begitu cepat berlalu, pengabdian yang sedang dijalani oleh para Sarjana Muda di daerah 3T pun akan segera usai. Sekitar 20 hari lagi (pertengahan Agustus 2015) mereka akan ditarik kembali oleh pihak LPTK dari daerah penugasan, karena masa kontrak pengabdian mereka sudah selesai. Itu berarti akan adanya SM-3T angkatan berikutnya yang menggantikan tugas mereka di daerah 3T tersebut.
Jeda waktu Pasca SM-3T menunggu PPG 2016
Mungkin tidak sedikit dari kalian yang akan ditarik kembali dari daerah penempatan merasa senang karena akan kembali berkumpul dengan sanak keluarga, kerabat, teman, dan calonnya. Namun tidak sedikit pula yang merasakan sedih karena akan meninggalkan pengalaman yang mungkin takkan bisa terulang untuk kedua kalinya. 

Terlepas dari semua itu, ada satu hal penting yang harus kalian (SM-3T angkatan IV) ketahui terkait dengan apa yang harus kalian lakukan pasca SM-3T sembari menunggu PPG. Karena disaat kalian selesai pengabdian tidak akan langsung masuk PPG. Melainkan ada jeda waktu libur yang menurut saya sangat panjang, selama satu semeseter dan sayang jika waktu panjang tersebut terbuang atau disia-siakan dengan percuma.

Ketika SM-3T angkatan IV penarikan, maka SM-3T angkatan V siap diberangkatan ke daerah penugasan, dan SM-3T angkatan III baru diterjunkan ke sekolah-sekolah tempat untuk PPL. Itu artinya bagi SM-3T angkatan IV pasca pengabdian tidak bisa langsung untuk melaksanakan PPG. Dikarenakan masih belum selesainya angkatan III melaksanakan program PPG tersebut.

Oleh sebab itu, perlu sekiranya bagi angkatan IV memikirkan apa yang harus dilakukan selama liburan menunggu waktu pelaksanaan PPG tersebut. 

Sebenarnya selama jeda waktu tersebut bisa dimanfaatkan dengan berbagai aktivitas/kegiatan yang positif. Selama pengabdian 1 tahun tentunya masih banyak, ya... atau paling tidak adalah sisa uang saku (/bulan 2,5 juta). Nah, sisa uang saku itu bisa kalian jadikan modal untuk usaha. Tidak harus usaha yang besar, tetapi cukup dengan usaha kecil saja yang selain bisa mengisi waktu luang selama liburan juga bisa mendapatkan tambahan penghasilan. 

Saya dulu selama liburan menunggu PPG sempat membuka Martabak Cilik (MaCi) di depan rumah. Selain itu, saya juga membuka les privat rumahan. Itu baru satu dari beberapa aktivitas yang dapat kalian lakukan untuk mengisi liburan sembari menunggu pelaksanaan PPG.

Tidak hanya dengan membuka usaha, melainkan bisa juga dengan melakukan aktivitas lainnya seperti: menjadi guru honorer, menjadi guru privat, menjadi jurnalistik/penulis di media masa, mengembangkan blog supaya mendapatkan dollar (adsense), membantu orang tua (berkebun, bertani, dsb.), bersilaturahmi ke saudara maupun teman, bisa juga dimanfaatkan untuk jalan – jalan menikmati keindahan alam.

Banyak sekali kegiatan yang dapat dilakukan selama liburan, bukan dengan hanya melongo, tidur, makan, nonton tv, dan malas-malasan di rumah. Itu tidak akan menjadikan pribadi teman-teman menjadi pribadi yang produktif. Manfaatkan waktu luang teman-teman dengan sebaik-baiknya sebelum masuk PPG Pasca SM-3T yang hampir tidak ada waktu untuk bersantai dan bermalas-malasan. 

Mungkin hanya itu saja yang dapat saya sampaikan terkait dengan memanfaatkan waktu jeda satu semster pasca SM-3T menunggu PPG. Semoga bermanfaat. Salam MBMI!

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "JEDA SATU SEMESTER PASCA SM-3T MENUNGGU PPG"

Post a Comment

Terimakasih telah mengunjungi blog saya, semoga bermanfaat.