KEGIATAN PRAKONDISI SM-3T

Salam Maju Bersama, sebelumnya saya ucapkan SELAMAT bagi para calon Sarjana Mendidik yang telah berhasil lolos dari seleksi tahap wawancara ke tahap prakondisi. Tahap prakondisi merupakan tahap akhir dari penyeleksian program SM-3T. Jika sudah lolos hingga prakondisi itu berarti kesempatan kalian lolos untuk menjadi Sarjana Mendidik sudah mencapai 99% dan 1% kemungkinannya bisa tidak lolos. Karena 1% itu tergantung kesiapan diri dari para peserta. Apakah selama prakondisi para peserta mengikuti segala kegiatan yang dilakukan dengan baik, disiplin, penuh dengan keseriusan, atau malah sering tidak mengikuti kegiatan yang dilakukan. Tidak sedikit dari para peserta yang telah mengikuti prakondisi mengundurkan diri karena takut dan kurangnya kesiapan jika dihadapkan dengan kondisi yang sebenarnya (hidup di daerah 3T).
Survival; kelompok putra
Prakondisi ini dimaksudkan untuk membekali kesiapan peserta sekaligus sebagai seleksi kesiapan fisik dan mental. Prakondisi ini diawali dengan pemberian orientasi umum tentang pendidikan di daerah 3T. Jadi nanti para peserta akan diberikan informasi terkait kondisi daerah 3T itu seperti apa? Selain itu juga akan diputarkan film dokumenter SM-3T dari pengabdian kakak-kakak pendahulunya (angkatan I/II/III/IV).

Prakondisi meliputi kegiatan akademik dan non-akademik. Prakondisi akademik meliputi: 1) workshop pengembangan perangkat pembelajaran (K13) dan evaluasi, 2) pelatihan melaksanakan tugas kependidikan pada kondisi khusus/tertentu (misalnya mengajar 2 kelas yang berbeda dalam 1 ruang kelas), dan 3) kepemimpinan dan manajemen pendidikan di sekolah.

Sedangkan prakondisi non akademik meliputi: 1) pelatihan ketrampilan sosial kemasyarakatan, 2) pembinaan mental dan survival (ketahan-malangan), 3) wawasan kebangsaan, dan 4) kepramukaan, UKS, dan P3K.

Kegiatan prakondisi ini dilaksanakan selama 10 hari, ada satu hal yang perlu peserta perhatikan dalam prakondisi yaitu KEDISIPLINAN. Kegiatan prakondisi dimulai dari pukul 04.00 – 21.30 WIB. Adapun rangkaian kegiatan dalam sehari meliputi: bangun pagi, mandi, sholat subuh berjamaah, olahraga pagi, sarapan, kegiatan lapangan, workshop, istirahat siang, sholat duhur, makan siang, workshop, kegiatan lapangan, istirahat, solat ashar, kegiatan lapangan, istirahat, mandi, sholat magrib, makan malam, sholat isa, workshop, istirahat malam, jaga malam bergilir (bagi yang mendapatkan diliran piket jaga).

Dua hari sebelum kegiatan prakondisi berakhir akan dilaksanakannya kegiatan survival. Para peserta akan dihadapkan mirip dengan kondisi yang sebenarnya saat berada di daerah 3T dan di tahap inilah GONG nya. Nanti coba kalian rasakan sendiri ya kedahyatannya! Dalam tahap ini yang harus dan perlu kalian siapkan adalah mental dan fisik. Karena selain akan menguras pikiran, waktu juga tenaga kalian bisa-bisa akan tumbang jika tidak bisa menjaga kesetabilan tubuh dan pikiran.

Mungkin hanya itu saja yang bisa saya informasikan terkait dengan kegiatan Prakondisi SM-3T. Selamat dan sukses buat para penerus Pendidik Muda yang berani dan rela mengorbankan segala sesuatunya demi anak Bangsa!

Postingan terkait:

2 Tanggapan untuk "KEGIATAN PRAKONDISI SM-3T"

Terimakasih telah mengunjungi blog saya, semoga bermanfaat.