JUMLAH PENDAFTAR MENYAPA NEGERIKU MEMBLUDAK PADAHAL YANG AKAN DIAMBIL HANYA 33 PESERTA SAJA

Salam Maju Bersama Mencerdaskan Indonesia, kali ini bismacet akan berbagi informasi terkait pelaksanaan program menyapa negeriku yang baru saja dibuka namun peminat dari program tersebut sungguh tak terduga banyaknya. Bagaimana info lebih lengkapnya, silahkan simak beritanya dibawah ini.
JAKARTA (Pos Kota)- Program Menyapa Negeriku yang diluncurkan Kementerian Ristek dan Dikti mendapat sambutan luar biasa. Tercatat 30 ribu orang mendaftar sampai hari ini, Selasa (10/11/2015). Mereka berasal dari berbagai kalangan dan profesi mulai dari mahasiswa, pegawai negeri sipil, karyawan, wartawan hingga dokter.


Dirjen Sumber Daya Ristek dan Dikti, Ali Gufron Mukti, mengakui jumlah pendaftar melebihi jumlah target. “Awalnya kami menargetkan 3 ribu pendaftar tetapi nyatanya jumlah pendaftar lebih dari 30 ribu. Padahal kami hanya akan mengambil 33 orang saja,” ungkapnya.

Jumlah pendaftar yang membludak membuat Kemenristek Dikti mempercepat penutupan pendaftaran yang semula 20 November menjadi 13 November. Ali menilai jumlah ini mengindikasikan program ini menarik masyarakat. terlihat pula banyaknya masyarakat yang ingin mengenal masyarakat lain di daerah 3T (terdepan, terluar dan tertinggal).

Setelah lolos seleksi, peserta Menyapa Negeriku akan mendapat penempatan. Tak mengeluarkan biaya, peserta akan mengikuti program ini selama 5 hari. Di lokasi penempatan, peserta akan berkolaborasi dengan peserta sarjana mengajar.

“Mereka akan mengabadikan hal-hal tentang wilayah yang dikunjungi dan dishare di media sosial atau media apa saja untuk diketahui publik,” tambahnya.

Jumlah wilayah 3T di Indonesia sebenarnya tercatat 52 kabupaten. Tetapi pada tahun pertama, program #ini baru dilaksanakan di 11 wilayah yang memiliki keunikan budaya. Kesebelas wilayah tersebut adalah Kab Simelueu, Kab Aceh Timur, Kab. Kepulauan Anambas, Kep Riau, Kabuapetn Berau, Kaltim, Kab Siau Tagulandang Biaro, Sulut, Kab Ende, NTT, Kab Sumba Timur NTT, kab Raja Ampat Papua Barat, Kab Sorong Papua Barat, Kab Teluk Bintuni Papua Barat dan Kab Jayawijaya Papua.

Adapun kriteria peserta program Menyapa Negeriku antara lain WNI, berusia 18-27 (umum) 18-35 (profesional), sehat jasmani rohani. Juga, bersedia mendokumentasikan pengalaman perjalanan. (inung/yp)

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "JUMLAH PENDAFTAR MENYAPA NEGERIKU MEMBLUDAK PADAHAL YANG AKAN DIAMBIL HANYA 33 PESERTA SAJA"

Post a Comment

Terimakasih telah mengunjungi blog saya, semoga bermanfaat.