Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi Bermanfaat di Berbagai Bidang Kehidupan Masyarakat Indonesia

Membangun Indonesia Melalui Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) merupakan langkah maju untuk mengimbangi perkembangan globalisasi yang semakin pesat saat ini. 
Membangun Indonesia Melalui Teknologi Informasi dan Komunikasi
Membangun Indonesia Melalui Teknologi Informasi dan Komunikasi
Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia dijelaskan bahwa; Teknologi adalah keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang yang diperlukan bagi keberlangsungan dan kenyamanan hidup manusia. Informasi adalah pemberitahuan, kabar, atau berita tentang sesuatu. Sedangkan komunikasi adalah pengiriman dan penerimaan pesan atau berita antara dua orang atau lebih sehingga pesan yang dimaksud dapat dipahami, Jadi Teknologi Informasi dan Komunikasi segala kegiatan yang terkait dengan pemberitahuan, kabar, atau berita tentang sesuatu informasi yang dilakukan oleh dua orang atau lebih dan dapat disalurkan melalui beberapa sarana.

Perkembangan TIK saat ini membuka banyak peluang untuk dimanfaatkan di berbagai bidang kehidupan masyarakat Indonesia, diantaranya:
1. Bidang Pendidikan
Banyak manfaat yang didapatkan dari perkembangan TIK dalam bidang pendidikan, seperti untuk menunjang proses pembelajaran. Dimana guru dapat memanfaatkan TIK untuk membuat media sehingga proses pembelajaran menjadi menarik dan siswa menjadi senang. Saat ini sudah banyak guru yang memanfaatkan blog sebagai media dalam pembelajaran. Saya sebagai guru Pendidikan Kewarganegaraan tidak mau ketinggalan dengan perkembangan TIK sehingga saat ini saya sedang mengembangkan blog pembelajaran PKn yang saya beri nama PKnPedia.

Berikut tampilan blog PKnPedia yang sedang saya kembangkan guna menunjang pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan baik untuk SMP maupun SMA/SMK. 
Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi Bermanfaat di Berbagai Bidang Kehidupan Masyarakat Indonesia
(blog pendidikan; PKnPedia)
(dok pribadi; proses pembelajaran dan mengedukasi masyarakat melalui film pendidikan/saat mengikuti SM-3T)
Disamping itu, perkembangan TIK juga dapat dimanfaatkan oleh siswa sebagai sumber belajar. Mulai dari e-book, e-learning, e-laboratory, e-education, e-library, dan sumber lainnya bisa didapatkan dengan mudah melalui akses internet.

Perkembangan TIK yang dimanfaatkan dengan baik akan mengangkat kualitas dan kuantitas pendidikan Indonesia di mata dunia.

2. Bidang Ekonomi
Teknologi Informasi dan Komunikasi sangat penting untuk menunjang perkembangan dalam bidang ekonomi di Indonesia ke arah yang lebih maju lagi. Nilai ekonomi pribadi, golongan, daerah, dan negara akan meningkat apabila kita mampu memanfaatkan perkembangan TIK secara optimal. Perkembangan TIK dalam bidang ekonomi dapat dimanfaatkan untuk jual-beli dengan menjadi internet marketing online atau online shop melalui media sosial seperti; facebook, twitter, instagram, blog, atau pun media sosial yang lain untuk menarik pelanggan. Penjual suatu produk juga bisa memasang iklan produknya melalui blog dan bisa bekerjasama dengan Google Adsense untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Kita juga bisa memanfaatkan e-banking untuk melakukan transaksi jual beli secara online, sehingga pembayaran lebih mudah.

Disamping itu, melalui perkembangan TIK kita bisa meningkatkan kreativitas dalam membuat suatu kerajinan dengan mencari tutorial melalui youtube maupun artikel dari online. Dalam hal ini pemerintah juga bisa memanfaatkan perkembangan TIK untuk memperkenalkan sumber daya alam yang dimiliki sehingga dapat menyebar luas dan bisa menambah penghasilan untuk daerah. Pemerintah juga bisa memanfaatkan TIK untuk mengontrol wilayah-wilayah yang ada di daerah 3T Indonesia.
Membangun Indonesia Melalui Teknologi Informasi dan Komunikasi
(blog pribadi; untuk online shop)
3. Bidang Pemerintahan
Perkembangan TIK saat ini sudah banyak dimanfaatkan oleh pemerintahan untuk memberikan informasi kepada masyarakat luas terkait dengan bidang masing-masing. Salah satu cara yang dilakukan pemerintahan untuk lebih dekat dengan masyarakat yaitu melalui pemanfaatan TIK. Dengan memanfaatkan TIK pemerintahan bisa:
  • mensosialisasikan kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan masyarakat melalui website sehingga kepercayaan masyarakat bisa tumbuh lebih baik,
  • menyediakan layanan bagi masyarakat yang ingin bertanya atau melakukan pengaduan yang menyangkut kepentingan masyarakat,
  • sebagai alat komunikasi dan kontrol masyarakat,
  • bisa untuk mengurangi biaya operasional dengan menggunakan software financial management, dan
  • bisa untuk menjaga keamanan data penting pemerintahan.
Namun diperlukan juga peran dari masyarakatnya untuk berpartisipasi aktif dalam pemanfaatan layanan online yang disediakan oleh pemerintahan melalui website. Hal ini dimaksudkan supaya hubungan pemerintah dan masyarakat akan lebih baik, pemerintah juga bisa mengurangi biaya operasional yang dipakai, dan kegiatan dalam bidang pemerintahan berjalan dengan lancar.

4. Bidang Kesehatan
Perkembangan TIK juga dimanfaatkan dalam bidang kesehatan untuk memberikan pelayanan yang lebih baik bagi pasien maupun pihak-pihak lain terkait di bidang kesehatan. Misalnya dengan memanfaatkan aplikasi pengolahan data untuk management data, cctv untuk menjaga keamanan rumah sakit, monitor untuk menayangkan nomor antrian di rumah sakit, peralatan untuk menganalisa organ tubuh pasien seperti penggunaan stetoskop, endoscopy, CT-Scan dan masih banyak yang lain.

Masyarakat juga bisa memanfaatkan TIK dalam bidang kesehatan misalnya untuk mendapatkan informasi tentang penyakit dan cara pengobatannya melalui internet maupun website dinas kesehatan dan bisa mengecek website atau media sosial untuk menemukan lokasi rumah sakit terdekat. Harapannya dengan memanfaatkan perkembangan TIK di bidang kesehatan akan membuat segala proses yang menyangkut tentang kesehatan bisa berjalan lebih efektif dan efisien.

5. Bidang Sosial Budaya
Perkembangan TIK juga bisa diterapkan di bidang sosial dan budaya. Misalkan untuk mencari tempat yang akan kita kunjungi dan mengetahui potensi budaya pada wilayah tertentu cukup kita lihat melalui internet. Kita juga bisa kita melestarikan budaya dan mempromosikan pariwisata daerah sendiri melalui situs website dan media sosial seperti blog, facebook, twitter maupun youtube. Seperti yang sedang saya lakukan saat ini, melalui blog pribadi saya mencoba menulis tentang potensi budaya daerah Indramayu (Indramayu Kota Budaya).
Membangun Indonesia Melalui Teknologi Informasi dan Komunikasi
(blog pribadi; tulisan tentang kebudayaan)
Sedangkan di bidang sosial, kita bisa melakukan interaksi sosial dengan siapapun dan dimanapun. Misalnya dengan menggunakan sosial media dan lewat forum diskusi online. Bisa juga digunakan untuk mencari lowongan kerja dan informasi di bidang sosial lainnya.
Membangun Indonesia Melalui Teknologi Informasi dan Komunikasi
(blog pribadi; lowongan kerja)
Pemanfaatan TIK di bidang sosial dan budaya, diharapkan interaksi sosial bisa terjalin dengan baik dan kebudayaan Indonesia tetap terjaga, lestari, dan terkenal hingga ke Manca Negara.

6. Bidang Politik dan Hukum
Teknologi Informasi dan Komunikasi juga dapat dimanfaatkan untuk bidang politik dan hukum. Dalam bidang politik dapat mempercepat penyebaran informasi, bisa dijadikan sebagai sarana untuk kampanye partai politik, sebagai ajang debat melalui talk show di televisi, sarana penghimpun masa yang cepat dan efektif, dan masih banyak lagi yang lainnya. Sedangkan dalam bidang hukum, perkembangan TIK bisa digunakan untuk memecahkan suatu kasus. Selain itu dapat digunakan sebagai penyadap untuk mencari bukti-bukti dalam memecahkan suatu kasus.

#KitaIndonesia

Jika Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi dimanfaatkan secara baik oleh semua kalangan dalam berbagai bidang, Indonesia bisa menggenggam dunia. Manfaatkan TIK dengan positif demi kemajuan bangsa Indonesia. Mari Membangun Indonesia Melalui Teknologi Informasi dan Komunikasi.

Tulisan ini diikutkan dalam lomba blog yang diselenggarakan oleh PT. XL Axiata Tbk. bekerjasama dengan Rumah Blogger Indonesia mengangkat tema "Membangun Indonesia melalui Teknologi Informasi dan Komunikasi".

Postingan terkait:

6 Tanggapan untuk "Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi Bermanfaat di Berbagai Bidang Kehidupan Masyarakat Indonesia"

Terimakasih telah mengunjungi blog saya, semoga bermanfaat.