PPL PPG SM-3T III LPTK UNY TELAH USAI

Monitoring dari LPPMP
Praktik pengalaman lapangan (PPL) bagi peserta PPG SM-3T merupakan langkah strategis untuk melengkapi pengembangan 4 kompetensi guru dalam mewujudkan calon guru profesional sebagaimana yang tertuang dalam UU No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Pelaksanaan PPL PPG SM-3T III LPTK UNY telah dilaksanakan mulai tanggal 3 Agustus – 30 November 2015. Ada sejumlah 25 sekolah yang menjadi mitra sebagai tempat peserta PPG melaksanakan PPL, diantaranya (lihat disini).

Tahapan Pelaksanaan PPL PPG SM-3T
Adapun untuk tahapan pelaksanaannya adalah sebagai berikut.
  • Pembekalan, yang dilaksanakan selama dua hari (27-28 Juli 2015)
  • Penerjunan, dilaksanakan antara tanggal 29-31 Juli 2015 (didamping DPL pamong)
  • Pelaksanaan PPL dilaksanakan selama 4 bulan/1 semester (Agustus – November)
Jumlah peserta yang ditugaskan dalam setiap sekolah tidak sama, disesuaikan dengan jenjang pendidikan (SD, SMP, SMA, dan SLB) dan kebutuhan dari tiap sekolahnya.
HORNAS (mahasiswa PPL reguler UNY)
Dalam pelaksanaan PPL peserta PPG tidak hanya melakukan kegiatan pembelajaran saja, akan tetapi harus ikut melaksanakan kegiatan non-mengajar seperti; pendampingan kegiatan ekskul, piket harian guru, petugas perpus, laboran, dan membantu membuat administrasi persekolahan. Selain itu, peserta PPL PPG juga harus bisa mengembangkan aspek sosialnya dengan menjalin hubungan baik antar warga sekolah (tenaga pendidik, tenaga kependidikan, dan warga sekolah lainnya).
Hari jadi D.I.Y
Peserta PPG dari setiap jurusan yang melaksanakan PPL di sekolah mitra, masing-masing didampingi oleh satu guru pamong sesuai dengan mata pelajaran yang diampunya. Guru pamong ini berperan sebagai pembimbing dan penilai peserta PPL dalam melaksanakan pembelajaran di dalam kelas maupun pembuatan administrasi guru (silabus, rpp, penilaian, kumpulan soal, dll.). Kadang dalam pembuatan administrasi inilah yang menjadi kendala bagi para peserta PPL, karena administrasi yang digunakan disekolah mitra tidak sama dengan administrasi guru (rpp) yang dibuat sewaktu workshop SSP semester sebelumnya. Dengan demikian, perangkat yang sebelumnya sudah dibuat saat workshop SSP perlu disesuaikan terlebih dulu dengan perangkat yang digunakan di sekolah mitra.
Bersama siswa kelas XII IIS 3
Dalam pelaksanaan PPL, setiap peserta juga wajib untuk melakukan penelitian tindakan kelas. PTK ini digunakan sebagai syarat kelulusan peserta dalam pelaksanaan PPL di sekolah mitra. Selain itu ada uji kompetensi yang dilaksanakan pada bulan terakhir sebelum penarikan dengan didampingi oleh DPL, guru pamong, dan guru independen sebagai tim penguji.
Berdasarkan hal tersebut di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa dalam pelaksanaan PPL ada beberapa aspek yang dinilai yakni sebagai berikut:
  • Pembuatan administrasi guru (perangkat pembelajaran). 
  • Kegiatan pembelajaran. 
  • Kegiatan non-mengajar (pendampingan ekskul). 
  • Kepribadian dan sosial. 
  • Uji kompetensi (dinilai oleh dosen/DPL, guru pamong, dan guru independen). 
  • Laporan PPL dan PTK. 
Adapun untuk fasilitas yang diberikan dari LPTK selama PPL meliputi: uang buku (tiap bulan), uang bensin (tiap bulan),  uang makan siang (tiap bulan) (makan pagi dan sore disediakan di asrama), dan asuransi kecelakaan.

Selama pelaksanaan PPL kegiatan keasramaan tetap berjalan, tetapi dilaksanakan hanya pada hari Sabtu (sore) dan Minggu.
Penarikan (foto bersama dosen, kepsek, dan guru pamong)
Tidak terasa 4 bulan sudah berlalu dan kegiatan PPL PPG SM-3T III UNY telah usai. Kini saatnya kami berwisata budaya dulu (Bali) dan melanjutkan kegiatan akademik (matrikulasi) untuk persiapan UTL (Desember) dan UTN (Januari). Semanagat semua kawan-kawanku yang sedang menjalani PPG Pasca SM-3T III di seluruh Nusantara. Salam Maju Bersama dan Sukses untuk Kita Semua.

Contoh laporan PPL PPG SM-3T dapat di download (disini)

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "PPL PPG SM-3T III LPTK UNY TELAH USAI"

Post a Comment

Terimakasih telah mengunjungi blog saya, semoga bermanfaat.