PROSPEK ALUMNI SM-3T BISA MENJADI GGD ATAU MENDAFTAR SILN

Salam maju bersama, kali ini CivicEdu akan berbagi informasi terkait dengan prosepek dari para alumni SM-3T. Banyak peluang bagi mereka alumni SM-3T, setelah mereka menyelesaikan pengabdian selama 1 tahun di daerah 3T langsung di PPGkan berbeasiswa penuh. Tidak berhenti sampai disitu, setelah mereka lulus dari PPG SM-3T ada peluang yang sudah menanti didepan mata. Pilih menjadi GGD dengan terlebih dulu harus mengikuti tes CPNS Formasi khusus ataukah pilih menjadi Pendidik di Sekolah Indonesia Luar Negeri (SILN). 

Sejak pertama kali diperkenalkan pada bulan Oktober 2011 kelayak publik, Program SM-3T menjadi idola baru bagi Alumni Sarjana Pendidikan (S.Pd) di Indonesia. Memang pada awalnya banyak yang meragukan, apakah program ini hanya proyek pendidikan belaka atau memang benar suatu terobosan efektif untuk mengatasi permasalahan kekurangan guru terpencil khususnya didaerah 3T.

Namun seiring dengan berjalannya waktu, yang saat ini program SM-3T telah memasuki tahun ke V keraguan itu telah terjawab. Program SM-3T membuktikan eksistensinya sebagai program unggulan dari KEMENDIKBUD dan bukan sekedar program abal-abal. Sampai pada tahun 2015 sudah tercatat lebih dari 10.000 orang alumni Sarjana Pendidikan (S.Pd) telah bergabung menjadi Sarjana Mendidik dipelosok-pelosok negeri ini. Mereka mengabdikan hidupnya untuk mengisi kekurang Guru di daerah 3T khususnya di kawasan Aceh, Kepulauan Riau, Kalimantan, NTT, Maluku, dan Papua.

Pengabdian dan pengorbanan para Guru SM-3T merupakan pelajaran yang sangat berharga bagi seluruh peserta. Tidak ada kemenangan yang dapat diraih tanpa harus melalui perjuangan yang berat dengan melewati halang rintang yang banyak. Untuk itu kesungguh-sunguhan menjadi modal penting dalam sebuah kata pengabdian.
Prospek Alumni SM-3T
Sebagai bentuk penghargaan terhadap pengabdian dari para Guru SM-3T di daerah 3T, DIKTI pun telah menyiapkan prospek cerah sedemikian rupa. Mulai dari Program PPG Pasca SM-3T Berasrama dengan status beasiswa selama 1 tahun dan Formasi Khusus dalam Penerimaan CPNS. Tapi semua prosek cerah ini hanya akan didapat oleh peserta yang serius dan dapat melewati alur yang telah ditentukan.

Selain itu, bagi para alumni SM-3T yang dinyataka lulus PPG akan diberikan pilihan untuk mengikuti GGD atau Seleksi Calon Pendidik di Sabah Malaysia. Program GGD merupakan tindak lanjut dari program SM-3T, yang nantinya akan ditempat tugaskan kembali ke daerah 3T dengan status PNS. GGD dilaunching pada tahun 2015 dan sudah memberangkatkan sekitar 700an guru ke daerah 3T di luar pulau Jawa. Rencananya tahun 2015 akan dibuka kembali GGD ke 2 untuk alumni SM-3T baik angkatan 1, 2 maupun 3. Sedangkan Pendidik Sabah merupakan salah satu bagian dari program Sekolah Indonesia Luar Negeri (SILN). Pada Mei - Juni di tahun 2015 ini baru saja dibuka juga pendaftaran untuk Calon pendidik di Sabah, Johor Malaysia, dan Mindanao Filipina. Dimana program ini menawarkan kontrak selama 2 tahun untuk mendidik anak-anak Indonesia yang ada disana dengan gaji 15 juta/bulannya. 

Sumber: P2TKDikDas

Postingan terkait:

10 Tanggapan untuk "PROSPEK ALUMNI SM-3T BISA MENJADI GGD ATAU MENDAFTAR SILN"

  1. Bagus :)
    main-main juga ke: http://www.darmanreube.com/

    ReplyDelete
  2. Bagus sekali dengan rencana bapak ini... tapi apakah kami yang tidak ikut sm3t tdk pantas dihargai dan diberikan sesuatu yg berharga... kami juga mendidik kami juga mengabdi bahkan kami tdk digaji kaya anak sm3t tapi kenapa kami tidak diberikan hal seperti mereka apa yg salah dengan kami... tolonglah kami juga duberikan penghargaan kami juga butuh hidup layak bukan cuman mengabdi tanpa batas yg akhirnya merusak pikirankami klau kami mau makan tp gaji tak cukup....

    ReplyDelete
  3. Mbk Uni ....... semuanya itu berhak dan pantas,,,hanya saja disini siapa yg bs memanfaatkan peluang dan kesempatan yang ada....dan perlu diketahui buan hanya alumni SM3T saja yg berhak ikut SILN, tapi semuanya boleh.....cb baca postingan terbaru ada recrutmen SILN yang untuk di SABAH Malaysia dan Filipina

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  5. Kl PPG SMK Kolaboratif kog gak secerah sm3t ya? #envy

    ReplyDelete
  6. Kl PPG SMK Kolaboratif kog gak secerah sm3t ya? #envy

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mksd dr gak cerahnya bgmna ya... Bukannya masuk ke dalam kategori CASN GGD jg ya....

      Delete

Terimakasih telah mengunjungi blog saya, semoga bermanfaat.