3 TAHAPAN SELEKSI PROGRAM SM-3T

Salam Maju Bersama, pada kesempatan kali ini civicedu akan berbagi informasi mengenai tahapan seleksi program SM-3T. Perlu rekan-rekan ketahui, untuk bisa lolos menjadi peserta SM-3T tidaklah mudah. Kalian harus melewati beberapa tahap seleksi dan harus mampu bersaing dengan ribuan peserta lainnya SENUSANTARA sedangkan untuk kuota peserta SM-3T tahun 2015 sebanyak 3000 peserta. Mari kita simak tahapan-tahapan seleksi program SM-3T, silahkan baca dan cermati ulasan di bawah ini.

SMPN SATAP 1 Riung Barat
1. Seleksi SM-3T Nasional
Seleksi nasional dilakukan secara online dalam bentuk seleksi administrasi dan akademik.
a. Seleksi Administrasi SM-3T
Seleksi administrasi dilakukan secara nasional, khususnya memverifikasi relevansi jurusan yang dibutuhkan, tahun lulus, dan peringkat akreditasi. Jika salah satu persyaratan administrasi yang ditentukan tidak terpenuhi, peserta dinyatakan gugur dan tidak dapat melanjutkan ke tahapan berikutnya. Kelengkapan bukti fisik lainnya akan diverifikasi oleh LPTK penyelenggara SM-3T pada saat seleksi non-akademik.
b. Seleksi Akademik SM-3T (mirip tes CPNS dan tes berbasis CAT) 
Seleksi akademik nasional meliputi tiga aspek yaitu tes potensi akademik (analogi, logis, analisis, deret numerik, dan komparasi) dengan durasi waktu 45 menit, tes kemampuan dasar (bahasa Indonesia, bahasa Inggris, dan MTK dasar) dengan durasi waktu 45 menit, dan tes penguasaan bidang kompetensi akademik bidang studi dengan durasi 90 menit.

2. SELEKSI SM-3T TINGKAT LPTK
Tes Wawancara
Seleksi tingkat LPTK meliputi verifikasi dokumen, wawancara meliputi kesiapan dan kesanggupan di daerah penempatan jika dihadapkan dengan situasi yang jauh dari kota, berada di tengah hutan, tidak ada listrik, air langka, kendaraan jarang, belum lagi jika kita pas sudah di penempatan ada kabar dari rumah yang mengharuskan kita untuk pulang dan mengharuskan kita untuk memilih salah satunya, tes wawancara berlangsung selama 45 menit. Tes selanjutnya yaitu tes khusus untuk bidang seni dan budaya juga penjaskes. Wawancara bertujuan untuk menemukenali potensi minat dan bakat sebagai pendidik. Selain melalui wawancara, penelurusan minat dan bakat dilakukan melalui asasemen kepribadian menggunakan psikotes dan tes khusus.

3. PRAKONDISI SM-3T
Prakondisi Ala Militer
Sebelum peserta diberangkatkan ke daerah sasaran, dilakukan program prakondisi yang dilaksanakan oleh LPTK penyelenggara bekerjasama dengan Angkatan Militer RI selama 10 hari. Kegiatan prakondisi meliputiorientasi umum, workshop pengembangan perangkat pembelajaran dan evaluasi, pelatihan kepemimpinan, pelatihan ketrampilan, pembinaan mental, motivasi, dan survival (ketahanmalangan), wawasan kebangsaan, dan kepramukaan, UKS, serta P3K. Prakondisi ini dimaksudkan untuk membekali kesiapan peserta sekaligus sebagai seleksi kesiapan fisik dan mental.

Mungkin hanya itu saja informasi yang dapat civicedu sampaikan terkait 3 tahapan seleksi program SM-3T.

Postingan terkait:

13 Tanggapan untuk "3 TAHAPAN SELEKSI PROGRAM SM-3T"

  1. Maaf sebelumnya, mau tanya, apa memang benar Sm3t yg ke enam sudah di buka pendaftarannya ya?
    Mohon infonya, tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Info pendaftarannya sdh dibuka,,,tapi ilink nya masih dalam proses

      Delete
  2. gimana cara mendaftar online sm3t.?

    ReplyDelete
  3. Apakah hanya untuk lulusan Universitas di atas yg boleh ikut?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lptk di atas it penyelenggaranya... Kl pesertany blh dr lptk mn sj yg pnting naunhan dikti buk@n depan dan jurusan pendidikan

      Delete
  4. Tes alademiknya apa benar seperti ini? Sebab di kisi2 dikti kok tiap pendidikan beda??

    ReplyDelete
  5. tkd apakah mencakup tes wawasan kebangsaan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kbngsaan bs msuk bs tdk... Krn nnti ad tkb... Ad tes sesuai mapel/jrsan...

      Delete
  6. mohon maaf saya mau tanya, untuk memastikan apakah universitas tersebut dalam naungan DIKTI untuk mengeceknya dimana?
    Terima kasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Slhkan ke forlap ristekdikti http://forlap.ristekdikti.go.id/mahasiswa

      Delete
    2. saya sudah isi formnya tetapi kok selalu ada tulisan "Captcha Pengamanan tidak sama " padahal saya memasukkan captchanya sudah benar tidak salah, itu kenapa ya?

      Delete

Terimakasih telah mengunjungi blog saya, semoga bermanfaat.